Menu

Mode Gelap
AMPERA Desak Kejati Sulsel Periksa Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng Demo jilid V Ampera : Dugaan korupsi pengadaan bibit sukun dan nangka madu di Bantaeng Rekom Gerindra Ke Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin Dosen dan Mahasiswa Muhammadiyah Bulukumba Dapat Beasiswa Baznas dan PP Muhammadiyah Airdrop $NASDUCK Peluang Emas Mendapatkan Token Gratis di Dunia Kripto

News · 4 Agu 2023 WITA ·

Wali Kota Tarakan Sambangi Makassar Untuk Pelajari Sistem Perpajakan


 Wali Kota Tarakan Sambangi Makassar Untuk Pelajari Sistem Perpajakan Perbesar

MAKASSAR | Wali Kota Tarakan Sambangi , Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menjelaskan sistem perpajakan Kota Makassar.

Wali Kota Tarakan Sambangi  Ia menjelaskan secara langsung saat menerima rombongan kunjungan studi tiru Pemerintah Kota Tarakan yang dipimpin langsung Wali Kota Tarakan, dr. Khairul beserta jajaran dan Bank Kaltimtara.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Pagarra mendampingi Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi menerima kunjungan kerja dari Wali Kota Tarakan. Mantan Kabag Humas itu terlebih dahulu memperkenalkan aplikasi yang dirilisnya tahun 2022 lalu yakni PAKINTA.

Pakinta atau biasa disebut Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi ini dihadirkan guna memudahkan layanan akses bayar pajak daerah di Makassar.

Dia menjelaskan aplikasi pakinta yang dapat diunduh lewat play store ini bisa diakses oleh seluruh wajib pajak dengan hanya memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) maka wajib pajak bisa melihat langsung status bayar pajak, denda dan tagihan pajak.

“Pembayarannya pun tidak repot lagi ke kantor bapenda. Cukup membayar melalui Indomaret, Alfamart, Ovo dan Qris dan beberapa kanal pembayaran lainnya,” bebernya, Jumat (04/8/2023).

Melalui sistem perpajakan aplikasi PAKINTA yang mudah, Pemkot Makassar telah menyabet juara 1 penggunaan (QRIS) Kategori Retribusi dan Pajak Daerah dengan Pembayaran Digital.

Mendengar paparan tersebut, Wali Kota Tarakan, dr. Khairul terkesima dan memperhatikan detail setiap penjelasan sistem Pakinta tersebut.

Baca Juga :  Wawali Makassar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Segerakan Operasi Pasar

“Setelah beberapa jam kami berbincang dan bertanya tentang sistem. Kami tidak salah berkunjung ke Makassar untuk mempelajari sistem perpajakannya,” ungkapnya.

Ia pun sesegera mungkin akan memperbaiki sistem perpajak di Kota Tarakan dengan mengaplikasikan beberapa ilmu yang dia bawa dari Kota Makassar, (**).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain Ikuti saluran PHINISICE SULSEL di [ WhatsApp  ]

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Tidak Bisa Berenang, Pelajar SMK di Makassar Tewas Tenggelam di Waduk

20 September 2024 - 21:55 WITA

Ratusan Simpatisan Hadiri Peresmian Rumah Rakyat dan Deklarasikan Relawan Gerak JADIMI: Jangan Ragukan Gelombang Rakyat

20 September 2024 - 17:57 WITA

Dianggap Tegas Panggil Bupati dan Wakil Bupati, Praktisi Hukum Apresiasi Langkah Bawaslu Bulukumba

19 September 2024 - 19:12 WITA

Masyarakat Disebut ‘Dongo’ Jika Tidak Pilih Andi Utta, Eks Jubir Andi Utta ini Ajak Bersikap Santun dalam Berpolitik

19 September 2024 - 11:40 WITA

Disebut Bukan Jubir Petahana di Pilkada 2020 Lalu, Iwan Gallarrang: Semua Bisa Mengalami Habis Manis Sepah Dibuang

18 September 2024 - 19:13 WITA

Siap Menang, Anzar Zainal Bate Diplot Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung HatiDamai di Pilkada Gowa

10 September 2024 - 17:32 WITA

Trending di News